KD-9 Cara pemeriksaan, memperbaiki dan menguji hasil perbaikan permasalahan sistem komunikasi VOIP


Permasalahan sistem komunikasi VOIP.
1. Cara pemeriksaan permasalahan sistem komunikasi VOIP.
2. Memperbaiki permasalahan sistem komunilasi VOIP.
3. Menguji hasil perbaikan permasalahan sistem komunikasi VOIP


Permasalahan – permasalahan yang terjadi :
 ID yang dibuat di server tidak dapat dipakai di client.
Video call bisa berjalan tetapi suaranya tidak terdengar ataupun putus – putus 
Konfigurasi benar tetapi audio mati (tidak terdengar)
Solusi Pemecahan masalah :

lihat pada domain pada menu SIP acount  setting pastikan itu adalah ip komputer  yang dijadikan server karena digunakan sebagai gateway
pengaturan perangkat yang salah pada menu Option sesuaikan settingan sesuai dengan perangkat yang digunakan
cek konektor kabel atau perangkatnya apakah bermasalah jika iya maka diganti dengan perangkat yang baik.
Pengujian
Pada komputer 1, pengujian dilakukan dengan menggunakan Ms Dos. Dengan cara mengetikkan ping (IP yg akan di cek).
Kesimpulan
          VoIP dengan segala fasilitasnya dapat dijadikan salah satu alternatif dalam usaha pemenuhan kebutuhan dalam jasa komunikasi. Bukan mustahil, teknologi ini akan menjadi salah satu sara telekomunikasi di masa depan. Tentunya dengan beberapa pengembangan dari teknologi yang telah ada. Namun diharapkan adanya suatu pengembangan kembali dalam penggunaan peralatan teknologi VoIP. Karena harga yang dibutuhkan dalam penggunaan teknologi ini relatif mahal, terutama dalam hal pengadaan peralatan teknologi VoIP tersebut


Komentar

Postingan Populer